Senin, 01 Agustus 2016

Sejarah Krupuk

Sejarah tentang Kerupuk

Tahukah Anda apakah itu kerupuk?

Kerupuk atau krupuk yaitu camilan yang di buat dari adonan tepung tapioka di gabung bahan perasa seperti udang atau ikan. Kerupuk Udang di buat dengan mengukus adonan lebih dahulu dipotong beberapa tidak tebal, dikeringkan dibawah cahaya matahari serta digoreng dengan minyak goreng yang banyak.

Kerupuk udang memiliki susunan garing serta kerap jadikan pelengkap untuk berbagai makanan Indonesia seperti nasi goreng serta gado-gado. Type kerupuk yang paling umum didapati di Indonesia yaitu Kerupuk udang serta kerupuk ikan. Harga Kerupuk relatif murah seperti kerupuk aci atau kerupuk miskin cuma di buat dari adonan sagu di gabung garam, bahan pewarna makanan, serta vetsin. Kerupuk Udang umumnya di jual didalam paket yang belum digoreng. Kerupuk kulit serta Kerupuk ikan dari type yang susah mengembang saat digoreng umumnya di jual berbentuk telah digoreng lantaran krupuk butuh digoreng sebagian 2 x. Kerupuk Udang butuh digoreng lebih dahulu dengan minyak goreng bersuhu rendah lebih dahulu dipindahkan dalam wajan di isi minyak goreng panas.

Konon histori dari krupuk di ambil dari cerita riil mengenai keluarga miskin yang mempunyai banyak anak. Hingga untuk bertahan hidup mereka ikhlas makan nasi dengan lauk sawut (ketela pohon yang diserut/diparut/pasrah). Awal pembuatan sawut, yakni pertama-tama ketela pohon diparut lalu di beri air. lantas, parutan ketela pohon yang tercampur air diperas serta di ambil sarinya. lantas diendapkan. lalu endapan itu dijemur serta jadilah tepung tapioka. lantas tepung itu di proses jadi krupuk, yang dimaksud juga krupuk samiler.

Beberapa Type kerupuk
1. Kerupuk ikan
2. Kerupuk Ikan Palembang
3. Kerupuk Mie Kuning
4. Kerupuk Kedelai
5. Kerupuk Udang
6. Kerupuk Kemplang
7. Kerupuk Bangka
8. Kerupuk Kulit

Ini cuma sedikit dari beberapa tipe kerupuk yang ada di Nusantara kita, Ada banyak lagi beberapa tipe kerupuk dari Nusantara yang belum kita kenali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar